Kamis, 10 Desember 2015

Tiga Hal Penting Dalam Bisnis






Sebagai business owner dan calon business owner, tentunya Anda berbisnis memiliki goal/tujuan untuk segi financial dan segi kehidupan. Saya tidak percaya kalau ada yang berbisnis goalnya BUKAN 2 tujuan tersebut.. hehe

Nah...untuk mencapai 2 tujuan tersebut, ada 3 hal terpenting dalam bisnis yang harus diingat, yaitu:

1. BISNIS IDEALNYA PROFITABILITY.


Belum sah disebut bisnis jika usaha yang Anda lakukan tidak memberikan keuntungan. Jika bisnis Anda sekarang keuntungannya tipis, Anda harus berpikir dan bekerja keras untuk mempertebal keuntungannya. Jika hari ini keuntungan yang bisa Anda peroleh dari bisnis anda sudah ‘banyak’, mungkin Anda perlu berpikir bagaimana melakukan pengembangan bisnis sehingga memiliki potensi keuntungan lebih banyak lagi.

2. BISNIS IDEALNYA SUSTAINABILITY.

Bisnis menguntungkan memang baik, tetapi jika keuntungan itu hanya sesaat maka itu juga belum cukup sah disebut bisnis. Kecuali bisnis yang memang hanya di bangun untuk kepentingan sesaat atau sering disebut bisnis batu loncatan.

Saya yakin Anda juga berpikir bahwa ketika Anda membangun sebuah bisnis, Anda menginginkan bisnis Anda terus tumbuh dan berkembang sekalipun Anda sudah ‘tiada’ dan bisa Anda wariskan kepada generasi-generasi penerus Anda.

Karena itu pada saat masih dalam kondisi startup, ada baiknya bisnis dijalankan dengan sudah memiliki sistem. Kenapa?. Ketika sudah menjadi corporate, maka bisnis sudah bisa berjalan autopilot. Sehingga ketika semakin berkembang, Anda bisa menjadikannya family business.

3. BISNIS IDEALNYA MEANINGFUL.

Bisnis tidak sekedar berorientasi pada uang!, meskipun pencapaian-pencapaian bisnis umumnya di valuasikan dalam ukuran nominal uang.

Lebih dari itu, idealnya bisnis selayaknya memiliki arti yang besar bagi pemiliknya, pelakunya, maupun lingkungannya.

Segala sesuatu jadi sangat berarti jika dapat memberikan kebermanfaatan, dan kebermanfaatan itu muncul ketika kita bisa memberikan nilai-nilai (values).

Karena itu ada petuah yang mengatakan begini, "sebaik-baik orang adalah yang dapat memberikan manfaat kepada banyak orang".

Maka bisnis yang ‘MEANINGFUL’ adalah bisnis yang dapat memberi arti dan nilai-nilai bagi pelaku dan lingkungannya yang lebih luas.

Jadi, business owner adalah pembangun nilai-nilai. Keuntungan bisnis hanyalah deretan angka-angka atau BONUS!. Agar itu menjadi berarti perlu dikonversi menjadi nilai-nilai (business value).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar